Sepuluh Lubang dalam Diri Manusia

Ada sebuah fakta menarik tentang tubuh manusia. Ternyata, dalam diri setiap individu, baik laki-laki maupun perempuan, terdapat sepuluh lubang: sembilan di antaranya merupakan lubang fisik, yaitu lubang yang terdapat di dalam tubuh jasmani setiap orang. Apa saja? Mari kita hitung bersama. Di bagian paling atas, yaitu kepala, terdapat 2 lubang mata, 2 lubang telinga, 2 lubang hidung, dan 1 lubang mulut. Di bagian tengah ke bawah, terdapat 1 lubang saluran kelamin dan 1 saluran pembuangan (anus). Jadi, keseluruhan ada 9 lubang fisik yang dimiliki setiap manusia. (Sebenarnya ada satu lagi bagian yang mirip lubang, tetapi sebenarnya ia hanya rongga/cekungan, bukan lubang. Posisinya ada di tengah-tengah tubuh manusia, yaitu pusar). 🙂

Lalu apa menariknya membahas kesembilan lubang fisik ini?

Sembilan lubang ini-lah yang akan mengingatkan kita tentang pelajaran hidup yang sangat berharga. Mari kita renungkan bersama.

Satu hal yang sangat menarik adalah fakta bahwa sembilan lubang fisik ini semuanya sama-sama berbau dan mengeluarkan kotoran, tidak peduli apakah orang tersebut kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, tokoh masyarakat (public figure) atau orang awam. Secara alamiah, sembilan lubang yang mereka miliki ini akan selalu mengeluarkan kotoran setiap hari. Dari kotoran tersebut muncullah bau yang tidak sedap. Tidak peduli betapa keras usaha kita merawat dan menjaga, atau betapa mahal produk kecantikan yang kita beli, pasti suatu saat semuanya akan berbau juga. Bahkan setiap pagi ketika bangun tidur, kita akan mendapati sembilan lubang tadi mengeluarkan kotoran dan bau, walau intensitasnya berbeda-beda tiap orang. (Jika tidak percaya, coba buktikan sendiri dengan berkaca di depan cermin, ucapkan selamat pagi tiga kali pada diri sendiri, lalu tariklah nafas dalam-dalam, sesaat setelah Anda bangun tidur).

Memang benar, sesungguhnya tidak ada yang bisa kita banggakan sebagai manusia. Sebanyak apapun harta yang kita miliki, setampan atau secantik apapun paras wajah kita, dan setinggi apapun posisi atau jabatan kita: tetap saja kotoran dan bau yang kita hasilkan setiap hari. Untuk apa sombong dengan kesuksesan yang sudah kita raih? Untuk apa membanggakan diri jika mimpi-mimpi kita terwujud? Juga… Untuk apa iri hati dengan keberhasilan orang lain? Atau sebaliknya… Untuk apa terlalu memuja-muja orang lain padahal kita sadar mereka tidak sempurna dan bisa mengecewakan? Toh… semuanya sama-sama bau! (plus kotor).

Kesembilan lubang fisik inilah yang akhirnya mengingatkan kita agar selalu rendah hati sebagai manusia.

Earth Hole

Lalu apa satu lubang lagi yang ada dalam diri manusia? Setelah membicarakan sembilan lubang fisik, selanjutnya kita akan membahas satu lubang lagi yang melekat pada setiap manusia. Lubang ini bukan terdapat pada tubuh jasmani, melainkan terdapat di dalam hati dan tak terlihat oleh mata! Mengutip pernyataan Blaise Pascal, seorang ilmuwan berkebangsaan Prancis:

Ada sebuah ruang kosong (baca: lubang) ciptaan Allah di dalam diri setiap manusia, yang hanya bisa diisi oleh Yesus Kristus. (There is a God shaped vacuum in the heart of every man which cannot be filled by any created thing, but only by God, the Creator, made known through Jesus.)

Manusia telah mencoba berbagai cara untuk menutupi atau mengisi kekosongan di dalam dirinya. Namun sayangnya tidak pernah ada satu hal pun yang benar-benar mampu mengisi penuh ruang kosong tersebut. Semua yang telah dicoba, mulai dari harta (mobil, rumah, perhiasan), tahta (jabatan, kekuasaan), dan wanita (percabulan, perzinahan), ternyata tidak ada satu pun yang mampu memberikan kebahagiaan sejati. Manusia selalu merasa kurang, kurang, dan kurang. Daftar keinginan dan kebutuhan tidak ada habisnya. Manusia cenderung ingin menguasai semuanya, bahkan sesamanya sendiri. Dalam situasi inilah, Yesus Kristus hadir dan memberikan jawaban yang dinanti-nantikan, karena Dia telah datang dan memberikan AIR HIDUP dan ROTI HIDUP. Di dalam DIA-lah, manusia akan menemukan kepuasan yang sejati dan kebahagiaan yang tidak akan pernah habis.

Sama seperti sembilan lubang fisik yang cenderung menghasilkan kotoran dan bau, demikian juga “lubang” di hati manusia ini cenderung menghasilkan hal-hal yang jahat. Semua pikiran, perbuatan, dan perkataan yang jahat selalu bermula atau bersumber dari hati yang sudah kotor. Lalu harus bagaimana? Ya sederhana saja: bersihkan lubangnya, lalu tutup rapat-rapat!  Tidak hanya sebatas membersihkan saja (melalui amal perbuatan baik, nilai-nilai moral kebijaksanaan, dll.), tetapi juga harus menutup lubangnya (atau isi lubangnya sampai penuh)! Dengan apa menutup atau mengisi lubang tersebut? Satu-satunya yang layak mengisi lubang tersebut hingga penuh hanyalah DIA yang telah menciptakan kita. Tidak ada yang lain! Oleh sebab itu, jangan pernah berusaha mengisi lubang di hati kita dengan berbagai “campuran” hal-hal yang semu. Jangan menduakan Tuhan di hati kita, apakah dengan harta, tahta, atau wanita! Hanya DIA-lah satu-satunya yang layak untuk duduk, berdiam, dan berkuasa di tahta hati kita.

Manusia lahir ke dunia ini melalui lubang dan akhirnya pergi dari dunia ini juga melalui lubang (Anonim).

Seoul, 30 September 2013

2 thoughts on “Sepuluh Lubang dalam Diri Manusia

  1. Secara specifik, sebenarnya lubang yang berjumlah 9 buah pada tubuh manusia itu dihitung dari nama-nama jenis lubang tersebut.
    Sebab jika kita menghitung rangkap jumlah lubang pada lubang tertentu, maka ternyata masih ada lubang lainnya yang belum terhitung.
    setiap nama-nama lubang tersebut artinya mewakili satu lubang saja, seperti :

    1. Lubang Hidung….( bukan 2 lubang hidung )
    2. Lubang Telinga ..( bukan 2 lubang telinga )
    3. Lubang Mata …… ( bukan 2 lubang mata )
    4. Lubang Mulut.
    5. Lubang Pusar
    6. Lubang Kemaluan
    7. Lubang Anus
    8. Lubang Dada/Payudara
    9. Lubang Pori-pori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

About Philip Wijaya

A lifelong-learner and a story-writer who dreams to be a history-maker.