Info Beasiswa: Kuliah Sambil Kerja di Korea Selatan

Buat temen-temen yang berminat studi gratis sambil kerja di Korea Selatan, terutama di bidang sains dan teknologi, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang peluang beasiswa di Korea Institute of Science and Technology (KIST), sebuah institusi riset pemerintah, berlokasi di Seoul, dan didirikan pada tahun 1966 sebagai institusi riset dan teknologi pertama di Korea Selatan.

Kampus Korea Institute of Science and Technology (KIST).

Kampus Korea Institute of Science and Technology (KIST). Foto: Agung Nugroho.

Apa dan Bagaimana Program-nya?

Program yang ditawarkan sangat menarik, namanya International R&D Academy (IRDA), cocok buat temen-temen yang kelak bercita-cita jadi ilmuwan (scientist) atau insinyur (engineer), sekaligus pengen kerja di universitas atau industri sebagai peneliti (researcher).

Mengapa program ini menarik? Karena temen-temen bakal dapat kesempatan untuk kuliah sambil kerja. Jadi gak cuma teori, tapi juga praktek langsung di lab. Setiap semester, kurikulumnya mencakup class work dan research work sekaligus.

Program yang ditawarkan ada Master (S-2) selama 2 tahun, Ph.D (S-3) selama 4 tahun, dan juga kombinasi keduanya, yaitu Integrative Program, yang bisa diselesaikan dalam waktu 4 tahun saja! (Bahkan ada beberapa alumnus yang bisa lulus 3,5 tahun!)

Bidang studi (major) yang ditawarkan, antara lain: Biological Chemistry, Biomedical Engineering, Clean Energy and Chemical Engineering, Converged Energy and Environment Engineering, HCI & Robotics, Nanomaterials Science and Engineering, dan Neuroscience. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.

Penerimaan mahasiswa baru dibuka hanya sekali setahun, yaitu di bulan Maret – April. Sementara kegiatan akademik dan perkuliahan dimulai di bulan Agustus untuk Fall Semester dan Maret untuk Spring Semester.

Setelah lulus, temen-temen akan mendapatkan gelar akademik dari University of Science and Technology (UST), yang merupakan konsorsium (partnership) dari KIST bersama 30 institusi pemerintah lainnya di Korea. Jadi intinya, jika diterima di KIST, temen-temen akan sekaligus menjadi mahasiswa UST. Karena itulah temen-temen bakal punya dua tugas: bekerja di KIST dan kuliah di UST.

Kampus University of Science and Technology (UST), Daejeon, Korea Selatan.

Kampus University of Science and Technology (UST), berlokasi di Daejeon, Korea Selatan. Foto: UST website.

Fasilitas Mahasiswa-nya?

Jumlah beasiswa yang diberikan cukup besar dibandingkan dengan universitas lain di Korea Selatan, yaitu 1,2 juta won untuk Master dan 1,6 juta won untuk Ph.D (1 won = 9 rupiah). Meskipun jumlah tersebut masih dipotong biaya asrama (sekitar 120 ribu won per bulan), namun sudah relatif cukup aman untuk bisa hidup nyaman di Seoul (apalagi jika status kamu adalah single dan very happy, sebagian beasiswa tersebut bisa disisihkan untuk tabungan masa depan).

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan asuransi kesehatan dan kesempatan untuk belajar Bahasa Korea gratis! Kapan lagi bisa belajar Bahasa Korea langsung dari native speaker tanpa dipungut biaya sama sekali? Tidak hanya itu, pihak KIST sekali waktu juga menyelenggarakan program Korean Cultural Experience Tour untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa internasional mengenal kebudayaan Korea lebih dekat, seperti: pakaian tradisional, musik tradisional, upacara minum teh, dsb.

Fasilitas Kampus-nya?

Fasilitas yang ada di lingkungan kampus juga cukup “wah”, mulai dari akses Wi-Fi di segala penjuru kampus, lapangan sepakbola, tenis, basket, pusat kebugaran (fitness center), hingga kantin mahasiswa yang menyediakan makan malam gratis setiap hari! Untuk makan siang, meskipun tidak gratis, tapi harga makanannya relatif murah (4 ribu won) jika dibandingkan dengan restoran atau rumah makan di luar kampus (rata-rata di atas 7 ribu won untuk standar makanan yang sama).

Asrama mahasiswa internasional.

Asrama mahasiswa internasional. Foto: Philip Wijaya.

Lapangan sepakbola, basket, dan tenis.

Lapangan sepakbola, basket, dan tenis. Foto: Philip Wijaya.

Pusat kebugaran (fitness center)

Pusat kebugaran (fitness center). Foto: Philip Wijaya.

Kantin mahasiswa. Free dinner everyday!

Kantin mahasiswa. Free dinner everyday! Foto: Yohana Kurnia Endah.

Prosedur Pendaftaran-nya?

Bagian ini sangat penting karena akan menentukan berhasil atau tidaknya temen-temen diterima sebagai mahasiswa. Sebenarnya prosedur pendaftaran secara umum beserta persyaratannya bisa dilihat dengan mudah di website IRDA KIST, namun di sini izinkan saya berbagi dari pengalaman pribadi.

Langkah pertama sebelum menyiapkan berbagai dokumen persyaratan administratif adalah mencari calon pembimbing (advisor) yang sedang ‘membutuhkan’ mahasiswa di lab-nya. Pencarian calon pembimbing sebaiknya dilakukan lebih awal, bisa melalui koneksi alumni KIST atau dengan melihat daftar profesor yang ada di faculty list IRDA KIST. Jika sudah menemukan calon pembimbing, maka temen-temen bisa segera berkonsultasi tentang bidang riset yang diminati, disesuaikan dengan lowongan proyek yang tersedia. Biasanya, di tahap ini temen-temen akan diminta untuk menyusun statement of purpose dan curriculum vitae sebagai bahan pertimbangan bagi calon pembimbing untuk mengenal kualifikasi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja temen-temen. Di tahap ini, sebaiknya temen-temen juga sudah mulai mempersiapkan transkrip nilai S-1 serta kompetensi Bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, atau TOEIC). Jika semuanya sudah terkumpul dan memenuhi persyaratan, segera tunjukkan kepada calon pembimbing. Biasanya pada tahap ini calon pembimbing sudah akan memutuskan apakah temen-temen mendapatkan ‘lampu hijau’ atau ‘lampu merah’.

Jika calon pembimbing memberi sinyal ‘lampu hijau’, maka temen-temen bisa segera mengirimkan berkas dokumen dan persyaratan-persyaratan admission ke pihak universitas. Sementara menunggu dokumen diproses, temen-temen perlu melakukan pendaftaran secara on-line yang biasanya dilakukan pada pertengahan Maret – April. Setelah melewati tahap registrasi on-line, barulah temen-temen bisa sedikit rileks. Bagi yang cukup yakin permohonannya diterima, bisa segera mempersiapkan paspor dan mulai mencari informasi mengenai harga tiket penerbangan termurah ke Korea Selatan :D

Di tahap akhir, sekitar bulan Juni – Juli, temen-temen bakal dihubungi oleh calon pembimbing via telepon atau e-mail sebagai interview test dan semacam konfirmasi final tentang rencana studi temen-temen. Setelah melewati tahap ini, temen-temen tinggal menunggu pengumuman resmi dari KIST maupun UST yang akan diinformasikan melalui e-mail dan surat pos (dalam bentuk certificate of admission) jika akhirnya benar-benar diterima.

Tertarik? Selamat mencoba dan semoga sukses!

NB: Pada tahun ajaran 2012/2013 ini, jumlah mahasiswa Indonesia di KIST mencapai lebih dari 30 orang. Informasi singkat mengenai kampus KIST dan profil mahasiswa Indonesia dengan berbagai kegiatan di dalamnya dapat dilihat di sini.

About these ads

41 thoughts on “Info Beasiswa: Kuliah Sambil Kerja di Korea Selatan

  1. keren loh punya waktu nulis beginian. si taufik dan britantiyo ga bakalan mau nulis. apalagisi fania. btw, kapan lo lulus?

  2. Salam kenal,
    Sya frebina dri univ. Sebelas Maret (Teknik Arsitektur). Terimakasih atas postingny sangat menarik minat sya untk mncoba. Sya msh sngt awam dngn prosedur yg ada, mhon bimbinganny jika ada kakak” mahasiswa dsna yg berkenan mngajari sya…

  3. aku pengen kuliah berbeasiswa ke sana. tapi yang jurusan kesehatan kayak kedokteran ada apa tidak? mohon informasinya ya. . :)

  4. slm kenal ka . ak suka baca blog ny,
    kl boleh tau di korsel skrg lebih minat mengembangkan pariwisata atau bagian hubungan internasionalnyaa ka :)
    mhon informasinya ya lwt email :) thankyou

  5. Mas, mau tanya , saya jurusan elektro, pengen banget KǗLι䪪ªђ di korea dan KIST, kira2 S2 untuk elektro apa ada ya di KIST atau UST itu? ♥мά̲̣̥ќά̲̣̥S̤̥̈̊îh♥°˚˚˚°※ atas infonya!!!

  6. saya tertarik buat nyambung kuliah S2 psikologi di korea selatan. boleh mintak kontak kakak-kakak mahasiswa yang ada di korea g kak? makasih kak. :D

  7. Salam kenal kak. saya cindy
    kalo mau minta info s2 teknik sipil atau lingkungan bisa gak? kalo ada kakak yang mau membantu. baik jalur beasiswa ataupun biaya sendiri. terimakasih :D
    mohon bantuannya

  8. saya mau bertanya tentang gmna cara menghubungi profesor yang kita inginkan? prosedurnya apa? dan ada gak contoh untuk email k profesornya?
    terima kasih

    • pertama cari profesor yang sesuai dengan bidang yang mas minati di web (bagian faculty), tanyakan info kepada beliau apakah ada lowongan untuk menjadi student di lab-nya, dengan memperkenalkan diri dulu sebelumnya melalui CV dan motivation letter. selamat mencoba mas ade.

  9. Salam kenal,
    Saya Dimas Aldiandra dari univ Gadjah Mada (Teknik Elektro). Terimakasih mas atas postingny yang sangat menarik, saya berminat untk mncoba. Saya juga msh sngt awam dngn prosedur yg ada, mhon bimbinganny jika ada kakak” mahasiswa dsna yg berkenan mngajari saya juga mas…
    oiya, sebenarnya saya juga tertarik dengan perkuliahan lain disana, seperti manajemen bisnis dan art. kira2 bagaimana ya itu?
    terimakasih atas bantuannya :)

  10. Salam kenal ka, saya Dewi dari cirebon, ka mau tanya dong, ada program S1 ga di KIST untuk lulusan SMA? Tahun depan aku bakal lulus SMA, dan rencananya aku mau kuliah, skg aku sedang kursus bahasa korea, apa aja yang harus dipersiapkan.. Terimakasih. mohon bantuannya ka ^^

  11. salam kenal..
    sebelumnya thank you untuk sharingnya sangat menarik…
    saya lastri, saya berminat untuk mencoba.. mau tanya apakah ada kriteria khusus atau persyaratan untuk masing-masing bidang? bagaimana dengan surat rekomendasi? apakah dengan mendapatkan calon pembimbing sudah di pastikan lolos? adakah yang bisa membantu?

    terima kasih

    • persyaratan khusus tergantung pada calon pembimbing (profesor). surat rekomendasi biasanya dibuat oleh dosen atau atasan yang benar2 mengenal pelamar. jika pembimbing sudah menyetujui, besar kemungkinan untuk lolos. jika memang serius ingin mencoba, bisa cari2 info dulu tentang bidang riset yang diminati di web yang sudah tertera.

  12. wah infonya lengkap dan berguna banget nih,, btw kalo misalnya s1 IT, trus udah kerja juga masih di bidang IT, apakah s2 nya ni mesti yg dibidang IT jg? terima kasih. :)

  13. hallo kakak,
    maaf baru comment. makasih buat postingan nya kak. nambah pengetahuan. aku mau tanya kalau jurusan waktu s1 nya bukan jurusan teknik, boleh nggak kak? boleh mnta emailnya..?

  14. Bagi yang minat kuliah di KOREA dengan BEASISWA, hadiri KOREAN FESTIVAL, tanggal 21 Desember 2013, jam 9-16 di POLITEKNIK PAJAJARAN, Grand Surapati Core, JL PHH Mustopha 155
    Acara:
    Info Beasiswa & Pendaftaran Kuliah,
    Konsultasi Pendidika…n Korea Bersama dosen dari Korea,
    Korean Food Festival,
    K-POP Dance Festival untuk SMA/SMK,
    Korean Style Costume Festival
    Acara ini terbuka untuk umum & GRATIS…
    Info hubungi 022-7104355, 082115776655Lihat Selengkapnya

  15. Bagi yang minat kuliah di KOREA dengan BEASISWA, hadiri KOREAN FESTIVAL, tanggal 21 Desember 2013, jam 9-16 di POLITEKNIK PAJAJARAN, Grand Surapati Core, JL PHH Mustopha 155
    Acara:
    Info Beasiswa & Pendaftaran Kuliah,
    Konsultasi Pendidikan Korea Bersama dosen dari Korea,
    Korean Food Festival,
    K-POP Dance Festival untuk SMA/SMK,
    Korean Style Costume Festival
    Acara ini terbuka untuk umum & GRATIS…
    Info hubungi 022-7104355, 082115776655

  16. Mas Philip, makasih infonya.
    kalo boleh tanya2 lebih lanjut bisa kontak mas Philip lewat ap?
    saya berminat mau ke KIST, udah baca2 Guide nya.
    uda liat video mas di youtube. bisa kenalan sama mas2 atw mbak2 di Robotics/ Nanomaterial. saya tertarik bidang itu. mau nyari advisor nya kl ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s